Sabtu, 02 April 2011

MALUKU MENINGKATKAN PENGOLAHAN SAGU DI CIREBON

Pemerintah Provinsi Maluku mulai mengirimkan tepung sagu basah ke pabrik pengolahan yang ada di Cirebon, untuk diproses menjadi tepung kering dan siap ekspor. "Pengiriman perdana akan diresmikan Gubernur Maluku Karel Albert pada 30 Maret 2011, sebagai bagian dari kontribusi peningkatan devisa Indonesia dari sektor perdagangan hasil tanaman pangan," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Maluku, Syuryadi Sabirin di Ambon, Senin (21/3).

Badan Ketahanan Pangan Maluku juga terus memfasilitasi pengusaha lokal untuk memperluas pemasaran tepung sagu basah. Beberapa pengusaha telah bernegosiasi, baik soal harga maupun jumlah tepung sagu yang diantarpulaukan ke Cirebon, temyata hasilnya menjanjikan bila dikelola secara profesional dan pengirimannya rutin," ujar Syuryadi.


Dia mengatakan antarpulau tepung sagu dalam bentuk basah tersebut merupakan langkah terobosan BKP Maluku, menyusul pembinaan kepada para petani di tujuh klaster di Maluku. "Tiga klaster yakni Kawa, Seram Bagian Barat (SBB), Tanahnahu, Kecamatan Teluk Elpaputih dan KM 9, desa Amahai, Kabupaten Maluku Tengah telah menunjukkan produksi menggembirakan sehingga tahap awal dibeli pengusaha untuk diantarpulaukan," kata Syuryadi. (ant/sal)

Source by Ambon Pelita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar