Sabtu, 02 April 2011

PROYEK KILANG BALONGAN PERTAMINA - KUWAIT MENELAN BIAYA US$ 9 MILIAR

JAKARTA. PT Pertamina (Persero) akan menandatangani perjanjian kerjasama dengan Kuwait Petroleum Corporation (KPC) untuk ekspansi kilang Balongan pada Juni 2011.

Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan mengatakan, penandatanganan itu akan dilakukan oleh Menteri ESDM Kuwait. “Kita masih ada rapat lagi pada awal April untuk membicarakan masalah distribusi,” ujar Karen, Senin (28/3).

Proyek kerjasama ini diperkirakan menelan dana sekitar US$ 8 miliar hingga 9 miliar dengan kapasitas produksi 300.000 barel per hari. Adapun hasil produksi kilang Balongan ini nantinya diutamakan untuk kepentingan dalam negeri. Selain memproduksi BBM, kilang Balongan dapat dimaksimalkan untuk menghasilkan produk turunan, yakni nafta (produk turunan minyak bumi). Nantinya, produk turunan tersebut dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan industri petrokimia.

Seperti diketahui, Pertamina berancang-ancang untuk menaikkan kapasitas produksi kilang sebesar 64,02% pada tahun 2017 dari jumlah kapasitas produksi kilang saat ini. Alasannya, berdasarkan data dari Pertamina, saat ini total kapasitas produksi kilang minyak mentah Pertamina sebesar 40,64 juta kiloliter (KL). Pada tahun 2017 nanti, total kapasitas kilang minyak mentah Pertamina akan terkerek naik sebesar 66,66 juta KL.

Menurut catatan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), saat ini produksi BBM Pertamina masih jauh untuk menutup kebutuhan. Produksi premium Pertamina hanya mampu mencapai 10,58 juta kiloliter (KL). Sementara itu kebutuhan premium mencapai 23,16 juta KL. Sedangkan untuk Pertamax, Pertamina masih harus mengimpor sebesar 0,46 juta KL. Kemampuan kilang Pertamina hanya sebesar 0,34 juta KL. Padahal konsumsi Pertamax bisa mencapai 0,80 juta KL.

“Jika kebijakan pembatasan dilakukan, konsumsi premium bakal berkurang tetapi konsumsi Pertamax akan naik signifikan,” jelas Dirjen Migas Kementerian ESDM, Evita Herawati Legowo.

Source by kontan online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar